Kelebihan Alta School sebagai Salah Satu Homeschooling Terbaik di Indonesia

Thursday, July 4, 2024

Indonesia bulan Juli adalah bulan tahun ajaran baru, dimana anak-anak mulai naik ke jenjang lebih tinggi atau mencari sekolah baru. Orangtua pun sibuk mencari-cari sekolah untuk anak-anaknya. Namun di era digital ini, sekolah kini bukan lagi masuk ke dalam kelas. Homeschooling menjadi pilihan beberapa orangtua. Nah, kali ini saya akan bahas tentang Alta School sebagai Salah Satu Homeschooling Terbaik di Indonesia.

Alta school homeschooling terbaik di indonesia


Bismillahirrahmanirrahiim, Kelebihan Alta School sebagai Salah Satu Homeschooling Terbaik di Indonesia

Di era digitalisasi, pendekatan pendidikan semakin beragam termasuk di dalamnya adalah home schooling. Di Indonesia, homeschooling sudah dilegalkan oleh pemerintah berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 129 tahun 2014. Semenjak peraturan tersebut, banyak berdiri homeschooling-homeschooling terbaik di Indonesia. Salah satunya Alta School.

Apa itu HomeSchooling?

Sebelum kita bahas soal Alta School, kita cari tau dulu yaa homeschooling itu sendiri apa sih. Dalam peraturan pemerintah tentang homeschooling menyebutkan bahwa sekolah rumah atau homeschooling adalah proses layanan pendidikan secara sadar dan terencana yang dilakukan oleh orang tua atau keluarga di rumah atau tempat dengan suasana kondusif.

Syaratnya orang tua yang mau mendidik anaknya dengan cara homeschooling, diwajibkan untuk melapor ke dinas pendidikan di tingkat kabupaten atau kota. Jadi anak homeschooling pun tetap terdata secara resmi oleh pemerintah.

Homeschooling menjadi pilihan karena beragam alasan, seperti kondisi medis tertentu yang tidak memungkinkan anak mengikuti sekolah formal, anak yang harus berpindah-pindah tempat mengikuti pekerjaan orangtua, ketidakpuasan dengan metode pendidikan yang tersedia, atau keyakinan bahwa anak tidak dapat mengembangkan minat, bakat, dan kreativitasnya di sekolah umum.

Alta School merupakan salah satu wadah untuk orangtua dan anak yang ingin sekolah berbasis homeschooling.


Tentang Alta School : Salah Satu Homeschooling Terbaik di Indonesia

Alta School merupakan sekolah non formal berbasis teknologi dengan metode pembelajaran daring yang dapat menyesuaikan kebutuhan siswa.

Alta School memiliki sistem pembelajaran berbasis online dengan durasi pembelajaran yang lebih singkat dari sekolah konvensional dan menyediakan fasilitas penunjang belajar dalam bentuk Learning Kit untuk membantu anak memahami pembelajaran dengan lebih mudah. Alta School memiliki beragam pilihan kelas menarik untuk meningkatkan kreativitas anak melalui Kelas Add-On

Alta School merupakan layanan pendidikan dengan konsep homeschooling untuk jenjang PAUD hingga Sekolah Menengah Atas (SMA). Menggunakan metode belajar blended learning dengan live teaching dan aktivitas mandiri, Alta School fokus mengembangkan minat dan kreativitas anak sejak usia dini.


Keunggulan Alta School Homeschooling

Pada Alta School ada 4 kelebihan yang ditawarkan yaitu :

1. Kurikulum yang fleksible

Salah satu keunggulan utama homeschooling adalah fleksibilitas dalam merancang kurikulum. Orang tua dapat menyesuaikan materi pembelajaran dengan kebutuhan dan minat anak secara individual. Hal ini memungkinkan penggunaan teknologi untuk mengakses sumber daya pendidikan secara online yang relevan dan terbaru.

Pada Alta School menggunakan kurikulum K-13, namun Alta School juga memberikan kurikulum standar Cambridge bagi siswa yang ingin menggunakan kurikulum berstandar internasional.

Alta school Homeschooling terbaik di indonesia

Dalam perancangannya Homeschooling Alta School juga berkolaborasi dengan Ruangguru dalam menciptakan generasi unggul Indonesia di masa depan. Tentunya dengan metode dan gaya belajar yang menyenangkan, kurikulum dan metode belajar yang interaktif, serta para pengajar terbaik. Hal ini ditujukan untuk memberikan pengalaman belajar yang menyenangkan bagi anak.

Alta school Homeschooling terbaik di indonesia

2. Menyesuaikan gaya belajar dan bakat minat anak

Pada Alta School ada 4 cara pembelajaran yang diajarkan, yaitu melalui :
  • Live teaching interaktif
  • Home-based project
  • Penguatan karakter
  • Aktifitas mandiri
Dimana keempat proses pembelajaran tersebut menyeseuaikan gaya belajar siswa sesuai dengan karakter mereka dan bakat dan minatnya.

Alta school Homeschooling terbaik di indonesia

3. Pengembangan Keterampilan Digital

Anak-anak yang menjalani homeschooling di Alta School pastinya akan diperkenalkan dengan teknologi dan alat digital sejak dini, karena jenjang pendidikan sejak PAUD. Mereka belajar tidak hanya mengonsumsi informasi, tetapi juga berkolaborasi secara online, mengelola waktu dan tugas dengan efisien, dan mengembangkan keterampilan digital yang penting untuk kesuksesan di masa depan.

4. Fleksibilitas Waktu dan Lokasi

Pembelajaran di Alta School homeschooling membebaskan anak-anak dari keterbatasan waktu dan lokasi yang sering terjadi di lingkungan sekolah tradisional. Mereka dapat belajar di rumah atau di lingkungan lain yang nyaman dan aman, sambil tetap terhubung dengan guru dan rekan-rekan pembelajaran melalui teknologi, selama jaringan internetnya kuat.


Jenjang Pendidilkan di Alta School

Untuk jenjang pendidikan yang ditawarkan di Alta School mulai dari Paud, SD, SMP dan SMA. Dimana preses belajar siswa akan disesuaikan dengan usia masing-masing. Learning kit yang diberikan juga menyesuaikan dengan jenjang pendidikan anak-anak.

Alta school Homeschooling terbaik di indonesia

Nah, bagaimana? Tertarik untuk menyekolahkan anak-anak di Alta School sebagai salah satu homeschooling terbaik di Indonesia? Teman-teman bisa kunjungi webnya di https://www.altaschool.id untuk informasi lebih jelasnya. Selamat mencoba!


Wassalam


Post a Comment

Aduuuh ma kasih yaaa komentarnya. Tapi mohon maaf, buat yang profilnya "unknown" langsung saya hapus. Semoga silaturahmi kita selalu terjaga walau lewat dumay. Selamat membaca tulisan yang lainnya ^_^