Alif Iqra : Cara Belajar Al Quran yang Menyenangkan

Friday, September 13, 2024

Pernah nggak sih terlintas dipikiran kita, bagaimana yaa cara agar anak-anak tertarik belajar Al-Quran? Apalagi di tengah gempuran teknologi saat ini, menjadikan Al-Quran sebagai bagian dari kehidupan anak-anak itu bukanlah hal yang mudah. Nah, kebetulan nih, saya dikenalkan dengan Alif Iqra. Lewat Alif Iqra kita bisa mendapatkan cara belajar al quran yang menyenangkan. Seperti apa caranya? Yuuk… lanjut tulisannya!

Alif Iqra

Bismillahirrahmanirrahiim, Alif Iqra : Cara Belajar Al Quran yang Menyenangkan.

Biasanya seminggu 2x ba’da magrib, saya selalu meluangkan waktu untuk mengajarkan Adek Fi baca iqra. Alhamdulillah sih sudah mulai rutin. Hanya saja, Adek Fi tuh keliatan agak ogah-ogahan. Mungkin karena metode ngajar saya itu agak monoton kali yaa.. Iya, cara saya mah yaaa seperti guru ngaji saya dulu. Ambil buku Iqranya, baca doa menuntut ilmu, hafalan surat-surat pendek, lalu baca minimal 1 halaman, kalau lagi malesnya keluar, saya kasih diskon setengah halaman. Buat saya, yang penting anak mau baca quran. Itu saja.

Sampai suatu saat , grup KEB (Kumpulan Emak Blogger) ada tawaran untuk mencoba metode mengaji Alif Iqra. Hmm.. penasaran dong, bagaimana yaa cara belajar baca al quran yang akan diberikan oleh Alif Iqra. Akhirnya saya pun coba mendaftarkan Adek Fi untuk coba ikut program mengaji tersebut.

Tentang Alif Iqra

Menurut informasi di web resmi Alif Iqra (www.alifiqra.id) Alif Iqra ini merupakan Platform aplikasi yang dikelola oleh PT. Sahabat Alif Indonesia. Tujuannya untuk mempertemukan murid dan guru mengaji yang kompeten dan berpengalaman. Alif Iqra dibentuk sejak tahun 2016, hanya saja dulu nama programnya Alif School, sebuah program offline home private.

Karena permintaan privat di beberapa daerah semakin meningkat. mulailah merintis Alif Iqra di akhir tahun 2018 untuk memudahkan orang tua menemukan guru mengaji yang sesuai kebutuhannya dengan akses teknologi melalui sistem aplikasi.

Berkantor pusat di Jl. Sumatera Kp. Rawa Lele No. 56 Jombang – Ciputat - Tangerang Selatan, Alif Iqra (hingga saat ini) sudah mulai mengembangkan sayapnya di beberapa kota-kota besar seluruh Indonesia, yaitu di Jabodetabek, Bandung, Cirebon, Yogyakarta, Surabaya, Malang, Pontianak, Pekanbaru, Makassar, Medan, Denpasar, Palembang, dan Balikpapan.

Alif Iqra menawarkan metode pengajaran dengan mengkombinasikan materi pembelajaran klasik dan media kreatif yang akrab untuk anak-anak seperti tracing, colouring, painting, game-learning, video-learning, crafting, dan story-telling.

Hmm… makin dibuat penasaran. Baik sekarang saya coba tulis reviewnya yaa..

Cara Mendaftar di Alif Iqra

Untuk mendaftarnya, kita bisa langsung hubungi nomor kontak yang ada di website resmi Alif Iqra dibagian “Contact us”, disana ada link yang langsung masuk ke whatsapp admin Alif Iqra. Setelah itu, Admin Alif Iqra akan memberikan kita informasi program-program yang ditawarkan oleh Alif Iqra.

Program Alif Iqra

Di Alif Iqra saya ditawarkan beberapa program yang bisa saya ikuti. Namun sebelumnya saya ditanya dulu usia Adek Fi berapa. Sebab di Alif Iqra ada 4 level usia anak untuk menyesuaikan program ajar mereka, yaitu :
  • Nursery (2-3 tahun)
  • Toddler (3-5 tahun)
  • Kid and teens (6-15 tahun)
  • Adult (>15 Tahun)
Nah, Adek Fi masuk ke kategori Kid and Teen. Saat pendaftaran di online dikategorikan lagi masuk ke kelompok Sparkling Star. Untuk yang mau belajar offline, nanti kita akan ditanyakan juga lokasi kita dimana.
  • Paket pembelajarannya pun ada 4 paket yang ditawarkan, yaitu :
  • Regular : 1x pertemuan dalam seminggu
  • Intensive : 2x pertemuan dalam seminggu
  • Super Intensive : 3x pertemuan dalam seminggu
  • Daily : 4x pertemuan dalam seminggu
Oiya, sebelum kita mengambil program paket tersebut, Alif Iqra juga menawarkan trial 1x pertemuan selama 90 menit. Jadi kita bisa lihat yaa cocok nggak ya anak kita sama guru dan program belajarnya. Kalau cocok lanjut deeh..

Review Bejar Al Quran Menyenangkan dengan Alif Iqra

Berhubung kita mau cari tau dulu niih programnya bagaimana, kita memilih yang trial dulu. Setelah isi form dan agree dengan kesepakatannya, tak lama kemudian ada admin dari Alif Iqra yang menghubungi kita untuk menanyakan alamat lengkap plus hari dan jam pertemuan, fungsinya untuk dicarikan guru terdekat dengan rumah kita.

Tiga hari sebelum hari pertemuan, saya dihubungi oleh calon guru ngajinya Adek Fi, Namanya Kak Nida.
 

Alif Iqra


Hari pertemuan pun tiba, Kak Nida datang tepat waktu jam 15.30 wib sesuai dengan perjanjian kita bedua. Pelajaran pun di mulai. Saya pikir Adek Fi langsung baca doa trus pegang buku ngaji, ternyata Kak Nida dengan ramah mengajak Adek ngobrol dulu, tanya kesukaan Adek Fi, dll. Setalah Adek Fi merasa rileks Adek, baru deh Kak Nida mengeluarkan buku Iqranya.

“Ok, kita baca 1 halaman ini ya!” ucap Kak Nida. Ekspresi wajah Adek Fi yang awalnya rileks, berubah. Saya yang liat cuma senyam senyum saja. Soalnya biasanya Adek kalau ngaji sama saya, hanya setengah halaman. Dia akan males-malesan kalau 1 halaman. Tapi Kak Nida meyakinkan kalau baca 1 halaman buku iqra Kak Nida dijamin nggak akan lama.

Kak Nida menggunakan buku iqra tilawati yang 1 halaman hanya ada 2 kolom saja. Jadi Adek Fi enjoy bacanya, karena nggak berasa sudah selesai. Malah nggak keberatan pas Kak Nida lanjut ke halaman berikutnya. ^_^

Alif Iqra


Dan setelah baca 2 halaman, Adek diajak bermain menyusun huruf hijaiyah dengan menggunakan media gunting tempel yang disiapkan oleh Kak Nida. Bahkan Kak Nida sudah mempersiapkan semua perlengkapan buat prakaryanya.

Alif Iqra


Selesai menggunting, dilanjutkan dengan mempraktekkan urutan berwudhu. Adek Fi disuruh memperagakan cara berwudhu yang benar, sesuai lemparan dadu yang Adek Fi buat bersama Kak Nida.

Setelah selesai mempraktikkan gambar dadu, Adek Fi diminta untuk mempraktikkan berwudhu sesungguhnya.

Alif Iqra


Selesai wudhu, Adek diajak mempraktikkan sholat subuh.

Alif Iqra

Belum selesai sampai disitu, Adek Fi pun diajak bermain lagi untuk mencari huruf hijjaiyah sesuai level ngaji Adek. Seru banget, karena Adek bukan hanya dapat ilmu tapi juga happy dan badannya bergerak. Waktu 90 menit pun tidak berasa. Dan Kak Nida juga nggak saklek harus belajar terus, disaat Adek haus dan lapar, yaaa diijinkan makan snack dan minum sebentar, lalu lanjut lagi belajarnya.

Alif Iqra


Terakhir untuk menutup ngajinya, Adek Fi diajak membaca surat-surat pendek, sesuai surat-surat hafalan Adek. Duh.. saya yang lihatnya seru banget… xixixi… Andai dulu waktu saya kecil guru ngaji saya modelan begini yaa.. pasti seru dan menyenangkan belajar al qurannya.

Biaya Mengaji dengan Alif Iqra

Untuk biayanya mengaji dengan Alif Iqra ini beragam yaa, karena disesuaikan dengan level usia siswa/i masing-masing serta bilingual atau full inggris. Jadi di Alif Iqra ini menyediakan guru-guru yang kompeten yaa. Adek Fi ini kan dominan Bahasa Inggrisnya, jadi saya bilang sama mbak adminnya untuk menyediakan guru yang bisa berbahasa Inggris.
  
Alif Iqra
Harga paket Alif Iqra untuk level Adek Fi



Ternyata, setelah saya baca webnya, guru-gurunya juga banyak yang lulusan luar negeri dan bukan Bahasa Inggris saja, tapi mereka juga menyediakan guru yang pandai berbahasa Arab. Jadi jika ada murid ekspatriat atau murid yang lahir di luar negeri dan baru pulang ke Indonesia, mau belajar ngaji, bisa lewat Alif Iqra ini.

Guru-guru yang lulusan universitas di Indonesia juga banyak yang dari pesantren dan lulusan Universitas Islam Negeri.

Alif Iqra
guru-guru Alif Iqra (source : alifiqra.id)

Selain itu dari biaya yang kita bayarkan kita dapat banyak learning kit untuk media pembelajaran.


Alif Iqra

Nah, buat teman-teman yang mau anaknya belajar ngaji dengan guru professional, nggak ada salahnya belajar di Alif Iqra. Alif Iqra bukan hanya menghadirkan belajar offline, tapi juga belajar secara online. Jadi ngaji dimanapun asalkan ada jaringan internetnya, insya Allah tergapai.


Alif Iqra
Jangkauan Alif Iqra (source : alifiqra.id)

Dan yang terpenting 5% dari fee yang kita berikan ke Alif Iqra itu disedekahkan untuk pembangunan pesantren. Nah, Alif Iqra bukan cuma buat anak jadi mencintai Al Quran saja, melainkan mengajak orangtua menyebarkan amal jariah. 

Semoga tulisan saya ini bisa bermanfaat buat yang membutuhkan ya. Selamat belajar! ^_^

Wassalam


1 comment

  1. Kalau ada niat belajar Insya Allah bisa ya mbak. Alhamdulillah Alif Iqto bisa memfasilitasi orangtua untuk menemukan guru ngaji secara online dengan pengajaran kombinasi klasik dan media kreatif yang menarik untuk anak-anak

    ReplyDelete

Aduuuh ma kasih yaaa komentarnya. Tapi mohon maaf, buat yang profilnya "unknown" langsung saya hapus. Semoga silaturahmi kita selalu terjaga walau lewat dumay. Selamat membaca tulisan yang lainnya ^_^