Nyobain Swedish Meatballs IKEA

Wednesday, October 16, 2024

Ada yang tahu makanan Swedish Meatballs IKEAAbangnyaaran dengan kelezatan Swedish Meatballs IKEA yang selalu ramai diincar pengunjung IKEA? Dan sempat menjadi makanan hits di sosial media. Bola daging khas Swedia ini memang unik dan banyak digemari banyak orang. Kali ini, saya akan membahas bagaimana rasanya Nnyobain Swedish Meatballs IKEA disetiap gigitannya. Yuk, simak ulasan lengkapnya!

Swedish Meatballs IKEA

Bismillahirrahmanirrahiim, Nyobain Swedish Meatballs IKEA

Si Bontot, Adek Fi, itu kurang interaksi sosial di usia balita, karena dia menghabiskan masa kecilnya saat pandemik. Hal ini membuatnya lebih emosional dan kurang terbiasa beradaptasi dengan lingkungan baru. Beda banget dengan Abangnya yang sering saya ajak keluar dan berinteraksi dengan banyak orang sejak kecil.

Dua tahun masa pandemik membatasi aktivitas Adek Fi, sehingga saat masuk sekolah ia kesulitan untuk bersosialisasi. Hampir tiap hari, saya menerima laporan dari Bu Guru tentang perilaku Adek Fi yang kurang baik. Saya tidak mau ini menjadi kebiasaan, saya konsultasikan ke Psikolog.

Setelah berkonsultasi dengan psikolog, hasilnya Adek Fi butuh "Terapi Behavior". Kami disarankan untuk menerapkan terapi perilaku dengan memberikan reward atas perilaku positifnya. Makanya setiap Jumat, kami akan memberikan Adek Fi reward jika dari Senin hingga Kamis, ia berperilaku baik di sekolah, sebagai bentuk apresiasi.

Hadiah yang diminta Adek Fi sih sederhana yaaa, seperti minum es teh manis, berenang, beli eskrim atau bermain di playground. Nah, Jumat kemarin Adek Fi minta ke IKEA.

Hmm.. bingung doong Umminya, saya langsung tanya alasannya untuk pergi ke IKEA. Jawabannya, “Aku mau coba Swedish Meatballs.” Menurut dia, Swedish Meatballs IKEA ini sering dicoba sama youtuber anak-anak di luar negeri.

Mendengar permintaan Adek Fi, saya langsung mencari IKEA mana yang menyediakan Swedish Meatballs.

Restoran Swedish Meatballs IKEA

Dari hasil searching restoran yang menyediakan Swedish Meatballs IKEA ada di 2 tempat, yaitu IKEA Alam Sutra dan IKEA Mal Taman Anggrek. Tadinya saya mau ajak ke IKEA Jakarta Garden City Jaktim, ternyata nggak ada restorannya. Akhirnya saya pun memilih Mal Taman Anggrek yang transportasi umumnya lebih mudah terjangkau.

Transportasi Umum ke Restoran Swedish Meatballs IKEA

Seperti Abangnya, saya juga mau mengajak Adek Fi belajar berpergian dengan transportasi umum, biar Adek Fi juga bisa belajar berbagai karakter yang dia temui dan bisa beradaptasi dalam kondisi apapun.

Transportasi umum andalan saya, apalagi kalau bukan Commuterline (kereta listrik). Dari Stasiun Depok Baru, saya naik Commuterline sampai Stasiun Cawang. Dari stasiun Cawang saya pindah ke halte Trans Jakarta naik Bus nomor 9A atau 9 yang ke arah Grogol, lalu turun di halte Tanjung Duren.

Dari halte Tanjung Duren, kita tinggal jalan di JPO langsung keluar di mal Citraland, dan jalan sedikit menuju Mal Taman Anggrek pintu The RR Chocolate. Restoran Swedish Meatballs IKEA ada di lantai 3 (kalau di lift tombol L4).

Posisi Restoran Swedish Meatballs di dalam IKEA

Begitu ketemu pintu masuk IKEA, jangan langsung bahagia yaa. Sebab kita harus berkeliling dan berputar-putar melihat IKEA, seperti dalam labirin. Cuma bedanya kanan kiri bukan pohon atau pagar daun, melainkan prabotan-prabotan rumah tangga yang cuakeeeep cuakeeeep dan estetik. Asli menggoda iman banget.

Trus resto-nya ada dimana? Begitu masuk IKEA kita ikuti saja gambar panah menyala di lantai IKEA. Nanti panah itulah yang membimbing kita hingga bertemu Restoran Swedish Meatballs IKEA.

Nyobain Swedish Meatballs IKEA

Bayangan saya awalnya Restoran Swedia IKEA itu seperti café, ternyata lebih seperti kantin karyawan, tapi yang versi luar negeri atau versi mewahnya. Begitu masuk kita langsung menuju ke antrian papan-papan menu untuk memesan makanan.

Swedish Meatballs IKEA

Swedish Meatballs IKEA


Saat melihat menu, tiba-tiba Adek Fi berubah pikiran. Dia melihat ada menu Fish and Chips. Saya bertanya, “Kok berubah, Dek?”

Adek Fi : “Coz, I don’t know if There’re Fish and Chips. So I want this. By the way does IKEA use British for its language?”
Saya : “Why?”
Adek Fi : “Coz they use “Chips” for French Fries. America use “Fry” so they call Fish Fry not Fish and Chips.”
Saya : “ooo.. iya juga ya, De? Kalau Chips kan means keripik. Ini malah kentang goreng.”

Adek Fi Mengangguk menjawab pertanyaan saya. Hmm.. Gara-gara Adek Fi, Ummi langsung gugling tentang Fish and Chips. Ternyata Fish and Chips ini memang makanan khas Inggris, tapi di Amerika mereka juga menggunakan nama yang sama, hanya beberapa bagian Amerika saja yang menggunakan kata Fish Fry.

Ok, balik lagi ke IKEA. Akhirnya Adek Fi berubah pikiran memesan Fish and Chips, Saya dan Abi Fi memesan Swedish Meatballs IKEA, karena saya masih penasaran dengan menu satu ini. Untuk minumnya kami memilih yang refill. Satu cangkir kopi refill untuk kami bedua dan 1 cangkir teh refill untuk Adek Fi.

Di papan menu digital itu khusus untuk yang bayar dengan menggunakan kartu kredit atau kartu debit. Sedangkan yang bayar tunai ada kasirnya tersendiri gabung dengan dapur.

Swedish Meatballs IKEA

Swedish Meatballs IKEA


Setelah melakukan pembayaran, kita akan dapat nomor antrian pesanan kita. Baru deh kita cari tempat untuk duduk. Saya saat itu memilih tempat yang dekat dengan posisi dapur tempat ambil pesanan dan mesin minuman (kopi, teh dan soft drink). Biar nggak jauh-jauh bolak-balik isi minuman.

Rasa Swedish Meatballs IKEA

Taraaa.. makanan kami pun siap disantap. Ok saya mulai dari Swedish Meatballs IKEA dulu yaa.. Meatballs itu kan kalau di Indonesia disebut Bakso ya? Nah bentuk Swedish Meatballs IKEA ini tdak seperti bakso pada umumnya. Tesktur permukaannya tidak licin kayak bakso, tapi halus. Hmm.. kalau mau dibilang sih lebih kayak kue bola ubi. Kecil-kecilnya pun sama.

Untuk rasanya Swedish Meatballs IKEA ini agak kurang berasa gurih dan rasa juicy khas daging. Lebih banyak rasa tepungnya. Kalau teksturnya pas dikunyah itu memang lembut banget. Makanya saya bilang persis kue bola ubi.

Swedish Meatballs IKEA


Swedish Meatballs IKEA ini disajikan dengan saus gravy dan selai lingonberry. Awal-awal makan pakai saus gravy aja, hmm.. buat saya agak aneh ya. Saya mikir, mungkin karena ini makanan Eropa, jadi belum terbiasa. Tapi pas saya campur saus gravy dan selai lingonberry, baru deh dapet enak sausnya. Gurih, manis dan sedikit asam lingonberry buat rasa Swedish Meatballs IKEA betah di mulut saya.. xixixi.

Oiya selai lingonberry ini awalnya saya pikir strawberry ternyata saya salah. Saya tanya ke kitchen staff-nya nama selai pendamping Swedish Meatballs IKEA ini, dan jawaban mereka adalah buah lingonberry. Kalau dari hasil searching sih bentuknya kayak buah blueberry tapi warnanya merah merona seperti warna strawberry.  

Selain saus gravy dan selai lingonberry, Swedish Meatballs IKEA nih disajikan dengan mashed potato dan rebusan segar brokoli. Untuk rasa mashed potatonya ini pas ya, nggak terlalu lembek dan nggak blenger dengan susu. Brokolinya yang saya suka, warna hijaunya seger bangeeet dan pas dimakan juga seger.

Saat itu saya pesan Swedish Meatballs IKEA yang isi meatballsnya 12 butir, karena saya makan berdua dengan Abi Fi. Itu lumayan mengenyangkan buat kita bedua. Soalnya setelah itu kita makan Salad dan desert Cheese Cake with lingonberry jam plus Mocca Cake.

Sementara Adek Fi cukup puas dan kenyang dengan Fish and Chips yang dilengkapi mayo dengan rasa gurih manis. Harusnya ada asam-asam sedikit karena disediakan potongan jeruk lemon untuk dicampur ke mayo perasan airnya. Bagaimana nggak kenyang, wong ikannya 2 lapis dengan tengah-tengahnya diberi keju mozza. Bener-bener mengenyangkan.

Swedish Meatballs IKEA

Swedish Meatballs IKEA


Harga Swedish Meatballs IKEA

Untuk harganya, saya bilang masih standar yaa. Soalnya 12 butir Swedish Meatballs IKEA dan mashed potato plus brokoli segar dibandrol RP 60.000.

Yang saya suka tuh refill kopinya ya, cuma Rp 10.000, tapi cuma kopi item yaa.. kalau Bahasa barista Americano Coffee. Nggak ada tuh kopi model-model lain. Tapi disiapkan kreamer dan gula saset kalau mau manis dan agak creamy.

Untuk Tehnya juga refill. Tehnya pakai teh celup lipton. Jadi nih yaa… di Restoran Swedia IKEA itu ada 3 minuman yang bisa di refill. Kopi, Teh dan Softdrink. Softdrinknya juga banyak pilihannya. Suka-suka kita aja mau ambil yang mana.

Swedish Meatballs IKEA


Oiya saya juga mesan Mix Salad Rp 10.000 saya pikir mangkoknya besar yaa kayak mangkok salad di restoran pizza terkenal itu. Ternyata kecil, saudara-saudara. Cuma 3 suap langsung habis dah tuh salad. Tapi jujur dressingnya enak. Saya suka. Sayurannya juga segar-segar, gak layu.

Swedish Meatballs IKEA


Untuk desertnya banyak pilihannya yaa.. kemarin Abi Fi memesan dessert baru yaitu Mocca Cake yang masih pakai harga promo Rp 18.000 dan saya seperti biasa, suka yang asam-asam manis gurih jadi saya pilih Cheesecake with Lingonberry Jam andalan dessert di IKEA Rp 30.000.

Swedish Meatballs IKEA


Ok, biar jelas saya berikan rincian harga pesanan kami di Restoran Swedia IKEA :
  • Swedish Meatballs IKEA : Rp 60.000
  • Fish and Chips : Rp 75.000
  • Kopi Americano (Refill) : Rp 10.000
  • Teh (Refill) : Rp 10.000
  • Cheesecake with Lingonberry Jam : Rp 30.000
  • Mocca Cake : Rp 18.000
  • Mix Salad : Rp 10.000
Dengan menu seperti itu, lumayan lah yaaaa untuk kalori hingga pulang ke Depok, Jawa Barat lagi dari Mal Taman Anggrek Di Jakarta Barat. Walau sama-sama ada kata “Barat” lokasinya, tetep aja itu ujung ke ujung.. xixixi… kudu lewatin gate imigrasi DKI Jakarta ke Jawa Barat… hahaha.

Oiya, ada yang terlupa.. kalau teman-teman pesan banyak makanan, kan akan diberikan banyak nampan. Nah, teman-teman nggak usah khawatir di Restoran Swedish IKEA disediakn troli nampan biar nggak repot untuk bawa makanan yang banyak.

Swedish Meatballs IKEA

Daaan.. kalau sudah selesai makan letakan nampan ke rak piring kotor yang sudah disediakan yaa. Walaupun ada OB yang bersihin meja, tidak ada salahnya kan kalau kita meringankan beban orang lain. Insya Allah, Allah akan meringankan beban kita kelak.

Swedish Meatballs IKEA


Jadi, gimana nih kesimpulannya menurut teman-teman? Swedish Meatballs IKEA perlu dicoba nggak? Yang jelas memang menarik banget penampilan dan keunikannya. Soal rasa itu tergantung selera masing-masing ya, kalau teman-teman merasa satu lidah dengan saya, alhamdulillah jadi bisa tahu kurang lebih sola Swedish Meatballs IKEA. Jika masih penasaran, bisa langsung cicipin sendiri yaa.. Selamat Mencoba!


Wassalam


Post a Comment

Aduuuh ma kasih yaaa komentarnya. Tapi mohon maaf, buat yang profilnya unknown langsung saya hapus. Semoga silaturahmi kita selalu terjaga walau lewat dumay. Selamat membaca tulisan yang lainnya ^_^