Tips Memiliki Rumah Nyaman Listrik Aman

Monday, October 7, 2024

Siapa sih yang tidak mau memiliki rumah nyaman listrik juga aman? Cuuung…! Tentunya selain memiliki rumah dengan desain interior yang menarik dan furniture yang lengkap, instalasi listrik yang baik juga berperan penting dalam menciptakan suasana hunian yang menyenangkan. Nah, kali ini saya akan memberikan tips memiliki rumah nyaman listrik aman agar tagline home sweet home ada juga di rumah kita. Baca yaa lanjutannya!

Rumah Nyaman Listrik Aman Schneider

Bismillahirrahmanirrahim, Tips Memiliki Rumah Nyaman Listrik Aman

Setiap orang pasti punya konsep rumah idealnya masing-masing kan ya? Konsep rumah ideal versi saya adalah hunian yang asri, nyaman, sedikit perabotan dan bersih. Tentunya semua ditata sesuai estetika ya. Intinya setiap orang ingin punya rumah hunian ideal yang memberikan kenyamanan bagi penghuninya.

Tapi nih yaaa… bukan hanya kenyamanan saja, kita juga perlu memperhatikan keamanannya. Itu jadi prioritas utama dalam membangun atau membeli rumah kan ya? Terutama terkait dengan instalasi listrik dan struktur bangunan. Nggak mau juga kan kalau rumah sudah cakep-cakep dan mahal kita bangun, runtuh karena bangunan tidak kokoh, ataaau… kebakaran karena instalasi listrik tidak benar.

Menurut data Dinas Gulkarmat DKI Jakarta menunjukkan hampir 30% dari 2.286 kasus kebakaran pada 2023 terjadi dibangunan perumahan, dengan lebih dari 50% disebabkan oleh masalah kelistrikan. Nah, berarti jelas dong ya kita nggak boleh asal terhadap intalasi listrik di rumah kita.

Makanya, kemarin tepatnya tanggal 2 Oktober 2024, saya bersama emak-emak dari komunitas emak blogger (KEB), hadir di acara Innovation Talk yang diselenggarakan oleh Schneider Electric Indonesia sebagai pemimpin transformasi digital dalam pengelolaan energi. Schneider Electric mengajak para pemilik dan calon pemilik rumah memperhatikan pentingnya menyatukan aspek estetika, keamanan, dan kenyamanan dalam satu kesatuan desain yang harmonis.

Rumah Nyaman Listrik Aman Schneider

Tips Memiliki Rumah Nyaman Listrik Aman

Pada Innovation Talk, yang bertajuk Rumah Nyaman Listrik Aman, ini memberikan banyak informasi bermanfaat buat kita para emak. Iyaa.. emak-emak kalau soal rumah tahunya kan soal estetika aja ya? Sebagian besar tidak tahu menahu soal keamanan instalasi listrik.

Pada acara Innovation Talk ini menghadirkan dua pakar, yaitu Bapak M. Farhan Lucky dari Schneider Electric Indonesia dan Ibu Ranu Scarvia dari HDII DKI Jakarta. Mereka berbagi tips-tips menarik untuk menciptakan rumah nyaman listrik aman. Nah, dari paparan mereka, saya rangkum beberapa poin penting berikut ini

Tips dari Sisi Kenyamanan

Menurut Ibu Ranu, dalam membangun rumah ada 3 hal yang harus diperhatikan agar rumah terasa nyaman, yaitu :

Rumah Nyaman Listrik Aman Schneider
photo source : Schneider instagram


Prioritaskan Pencahayaan yang Tepat

Cahaya menjadi penerang bagi rumah. Rumah bisa Nampak lebih sejuk dan nyaman dengan pencahayaan yang tepat di dalam rumah. Untuk pencahayaan yang alami, memanfaatkan sinar matahari sebanyak mungkin dengan membuat jendela-jendela besar. Tambahkan juga lampu dengan warna yang sesuai untuk setiap ruangan. Dengan begitu, rumah kamu jadi lebih hidup.


Pertahankan Kualitas Udara

Dalam membangun rumah, sirkulasi udara dibuat sebagus mungkin. Sirkulasi udara yang baik membuat rumah menjadi adem dan segar. Apalagi kalau kita rajin membuka jendela di pagi hari... hmm... sejuuuk.... Tambahin juga tanaman hias biar suasana jadi lebih asri dan udara makin bersih. Hindari pakai bahan kimia berbahaya ya, kalau terpaksa pakai pastikan ventilasi cukup.


Perhatikan Keamanan Rumah

Tata letak interior bangunan bukan hanya memperhatikan estetika saja, melainkan keamanannya. Baik dari segi kekuatan bangunan, keamanan dari penyusup orang luar, dan juga kelistrikan. Contoh menurut Bu Ranu, rumah yang lokasinya selalu terkena banjir, beliau tidak akan memasang stop kontang dibawa, minimal 90 – 100 cm dari bawah. Jadi ketika banjir penghuni tidak terkena bahaya sengatan arus listrik.

Tips dari Sisi Keamanan

Diatas Bu Ranu sudah menyenggol soal keamanan, yes... jika ingin rumah nyaman listrik aman, maka segi keamanan rumah perlu diperhatikan. Terutama instalasi listrik. Kalau soal kelistrikan saya merangkum dari apa yang disampaikan oleh Pak Farhan. Berikut tipsnya :

Rumah Nyaman Listrik Aman Schneider
photo source : Schneider instagram

Pastikan Instalasi Listrik Berkualitas

Keamanan listrik rumah sangat penting. Maka dari itu, kita harus pastikan instalasi dilakukan oleh teknisi yang kompeten dan menggunakan komponen berkualitas. Bukan hanya pemasangan, bahkan menurut Pak Farhan, kita perlu melakukan pengecekan berkala untuk mencegah masalah seperti korsleting. Paling lama (maksimal) 3 bulan sekali. Hindari juga kebiasaan overloading stop kontak atau memasang banyak colokan dalam 1 stop kontak.

Pilih Peralatan Listrik yang Aman

Selain mengenali perangkat proteksi kelistrikan, Andrew White dan Nana Mirdad, yang hadir sebagai narasumber di acara Innovation Talk, juga mengingatkan pentingnya penggunaan peralatan listrik secara bertanggung jawab. Andrew juga memberikan beberapa tips untuk menjaga keamanan keluarga dari bahaya kelistrikan dengan memilih produk kelistrikan dari brand terpercaya dan bersertifikasi IEC serta SNI, pilih juga material yang berkualitas dan sudah melalui proses pengendalian mutu. Pastikan keaslian produk dengan membelinya di toko resmi. Karena produk kelistrikan berkaitan langsung dengan keselamatan kita, orang-orang di sekitar kita, dan orang-orang yang kita sayangi.
Rumah Nyaman Listrik Aman Schneider
photo source : Schneider instagram

Bicara soal peralatan listrik yang aman, Pak Farhan mengenalkan kepada kami, beberapa peralatan listrik yang digunakan untuk melindungi keamanan listrik rumah kita, yaitu : MCB, ELCB/RCCB, RCBO dan SPD. Dan semua itu adalah produk dari Schneider.

Apa aja tuh? Biar jelas saya uraikan satu-satu ya :

MCB (Miniature Circuit Breaker)

MCB Schneider ini adalah peralatan yang aman untuk mencegah korsleting listrik. MCB Schneider dilengkapi dengan proteksi overcurrent yang sangat responsif. Alat ini mampu mendeteksi lonjakan arus listrik secara cepat dan memutus aliran listrik secara otomatis, sehingga mencegah kerusakan pada instalasi listrik. Dengan demikian, rumah kita akan lebih aman dari bahaya kebakaran akibat korsleting.

ELCB/RCCB (Residual Current Circuit Breaker)

Selain MCB, Schneider juga memiliki ELCB/RCCB. Pernah nggak sih dirumah kita suka ngerasa kesetrum saat kita pegang barang elektronik? Nah, hal itu terjadi karena adanya kebocoran listrik. Untuk menghindarinya kita bisa gunakan ELCB/RCCB (pemutus arus sisa/pemutus arus bocor). Kebocoran arus listrik itu sangat cepat sekali memicu kebakaran, untuk itu RCCB wajib kita miliki di rumah.

RCBO (Residual Current Circuit Breaker with Overcurrent Protection)

RCBO adalah gabungan dari MCB dan RCCB/ELCB. Jika MCB anti korsleting, RCCB anti kesetrum, RCBO memiliki 2 keunggulan tersebut. Dia tidak hanya melindungi dari kelebihan beban, tapi juga dari kebocoran arus listrik.

SPD (Surge Protective Device)

Yang terakhir adalah peralatan listrik yang berfungsi untuk melindungi barang-barang elektronik kita dari bahaya induksi petir. Jadi dengan SPD, barang-barang elektronik kita bisa berumur Panjang karena aman dari lonjakan arus yang berbahaya.

Rumah Nyaman Listrik Aman Schneider

Rumah Nyaman Listrik Aman dan Estetik dengan AvatarOn

Schneider Electric tidak hanya dikenal sebagai produsen peralatan listrik yang aman, namun juga menawarkan produk dengan desain yang estetik. Salah satunya adalah AvatarOn. Dengan desain modern dan minimalis, AvatarOn dapat mempercantik tampilan interior rumah Anda. Selain itu, terdapat beberapa fitur menarik yang membuat produk ini semakin istimewa.

AvatarOn memiliki beberapa keunggulan yang berbeda dari produk lainnya, yaitu :

1. Custom Panel

AvatarOn dilengkapi dengan panel yang dapat dibongkar pasang sesuai kesukaan kita. kustomisasi yang memungkinkan kita untuk mengganti tampilan fisik sakelar dan stop kontak sesuai selera masing-masing. Kita dapat mengubah panel depan dengan berbagai desain atau gambar yang sesuai dengan tema atau gaya interior rumah kita.

Rumah Nyaman Listrik Aman Schneider


2. Proteksi Anak

Bukan hanya estetika, AvatarOn memiliki fitur penting, yaitu proteksi anak. Dengan fitur ini, kita bisa mencegah anak-anak kecil yang sering secara tidak sengaja menyentuh atau mengoperasikan sakelar atau stop kontak yang berbahaya. Proteksi anak pada AvatarOn memberikan keamanan tambahan dan menenangkan pikiran kita saat anak-anak berada di sekitar perangkat listrik.

3. Hemat Energi

Keunggulan ini nih yang dicintai emak-emak. Pada AvatarOn dilengkapi dengan sensor cahaya yang dapat mendeteksi tingkat cahaya di sekitarnya. Fitur ini memungkinkan sakelar atau stop kontak untuk berfungsi secara otomatis, menyala atau mati sesuai dengan kebutuhan pencahayaan di ruangan. Dengan adanya fitur hemat energi ini, kita bisa mengurangi konsumsi listrik yang tidak perlu dan secara efisien mengelola penggunaan listrik di rumah.

4. Pemasangan Mudah

Sakelar AvatarOn ini dirancang mudah dalam pemasangannya. Kita tidak perlu memiliki keahlian kelistrikan yang tinggi untuk memasangnya. AvatarOn dapat dipasang dengan cepat dan mudah, baik untuk rumah baru maupun untuk menggantikan sakelar atau stop kontak yang sudah ada. Anda dapat menghubungkan AvatarOn ke sistem listrik rumah Anda dengan aman dan mudah.

EV Charger Peralatan Listrik Modern

Oiya satu lagi produk yang modern dari Schneider namun aman adalah EV Charger. EV Charger adalah perangkat penting bagi pemilik kendaraan listrik. Alat ini berfungsi untuk mengisi daya baterai kendaraan, mirip seperti mengisi daya baterai ponsel. Dengan EV Charger, kendaraan listrik dapat beroperasi secara optimal dan mendukung gaya hidup yang lebih ramah lingkungan.

Rumah Nyaman Listrik Aman Schneider

Nah, semua tips memiliki rumah nyaman listrik aman, sudah saya jabarkan dengan rinci. Plus produk-produk terbaik kelistrikan dari Schneider. Tinggal kita praktekin di rumah yaa.. Selamat mencoba!

Wassalam


31 comments

  1. Keamanan nomor satu ya mbak Ade di luar kenyamana, kalau udah aman Insya Allah jadi nyaman apalagi kalau urusan kelistrikan itu harga mati deh ya. Untungnya ada produk kelistrikan yag bisa menyelaraskan dengan kenyamana di rumah juga kaya Avatar On nin

    ReplyDelete
  2. Wah senangnya bisa hadir di acara launching produk Schneider kayak gini. Jadi nambah pengetahuan tentang keamanan listrik di rumah. Aku tahunya cuma MCB doang dong. Ternyata ada beberapa lagi jenis produk untuk keamanan listrik di rumah. Keren nih...
    AvatarOn nya juga bikin interior jadi manis yah...

    ReplyDelete
  3. Jadi ingat, dulu waktu awal-awal membangun rumah yang saya tempati sekarang, pemborongnya lebih dulu ngajakin diskusi soal jaringan listrik setelah layout rumah selesai. Perkara penting yang harus diatur karena saat itu anak-anak saya masih kecil-kecil dan dalam episode tumbuh kembang yang lasak bergerak.

    ReplyDelete
  4. Nah, pencahayaan yang tepat ini bisa bikin mood bagus di dalam ruangan, begiu pula sebaliknya

    ReplyDelete
  5. Pengingat diriku nih...ngeri bacanya ternyata di DKI kasus kebakaran 30% di oerumahan dan 50% penyebabnya karena kelistrikan...hiks. Noted secara berkala kelistrika dicek untuk mencegah masalah seperti korsleting dan hindari juga kebiasaan overloading stop kontak atau memasang banyak colokan dalam 1 stop kontak.

    ReplyDelete
  6. Bagus sosialisasinya, tentang listrik yang aman
    Sehari-hari kita bersentuhan dengan listrik tapi banyak yang gak paham
    Apalagi tersedia peralatan listrik yang menjamin keamanan
    Agar gak menyesal ketika terjadi konslet/kebakaran akibat listrik

    ReplyDelete
  7. Bagus bentuknya, estetik dan aman dipakai. Bahkan menjamin keamanan rumah dari bahaya konslet listrik. berharap segera beredar luas sampai ke daerah-daerah.

    ReplyDelete
  8. Benar juga ya. Kalau di lingkungan padat seperti itu, risiko kebakarannya termasuk tinggi. Jadi ngeri-ngeri sedap jadinya. Perlu edukasi nih, minta waktu saat kumpul tetangga untuk menjelaskan hal itu sekalian merekomendasikan produknya.

    ReplyDelete
  9. Dengan pakai Schneider yang udah puluhan tahun terpercaya jadi lebih aman ya, apalagi juga bisa kustom nih saklarnya. Jadi mupeng mau pake biar makin kece rumah

    ReplyDelete
  10. Banyak juga ya kasus kebakaran karena faktor kelistrikan. Emang harus ekstra hati-hati soal kelistrikan. Sebaiknya, memang menyerahkan masalah kelistrikan di rumah pada ahlinya. Biar aman dan nyaman saat melakukan aktivitas di rumah.

    ReplyDelete
  11. Nah yaaa soal overloading stop kontak tu sering dijumpai di rumah2 yaa. Makanya itu kalau di rumah aku perhatikan bener itu kabel2 jangan smapai full. Lalu kalau bepergian wajib cabut semua.
    Kelistrikan gak bisa dianggap remeh krn selain bermanfaat ternyata juga bom waktu yang bisa meledak kalau instalasi listrik berantakann dan gak pernah dicek ya.

    ReplyDelete
  12. Prinsipnya safety first ya, Mbak. Kalau memang ingin nyaman, keamanannya dulu yang wajib diperhatikan. Listrik tentu menjadi perhatian utama untuk hal keamanan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju banget mbak, prinsipnya aman no satu. Tapi emang kalau yang namanya estetika bisa kok sebenarnya berpadu sama keamanan listrik, asalkan emang pakai alat kelistrikan yang tepat dan mendukung, salah satunya sakelar AvatarOn itu ya.

      Delete
  13. Baru ngeuh juga sama istilah2 ini.. biasanya ga begitu aware sama perlistrikan xD Hihi

    ReplyDelete
  14. Rumah itu memang harus nyaman dan aman. Nyaman sesuai dana masing masing individu, dan yang paling penting aman. Jika keduanya terpenuhi, Masya Allah maka nikmat Allah mana lagi yg kita dustakan.

    ReplyDelete
  15. Hal ini penting ya, kadang ke skip sih soalnya merasa listrik ini tugasnya bapak-bapak atau bapak2 lebih ngerti padahal kan yang banyak dirumah itu ibu-ibu hehe. tq for sharing mba bisa lebih melek dan milih listrik yang aman kedepan untuk hunian

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju kak, kaum hawa juga kudu paham soal kelistrikan, karena hal ini menyangkut keselamatan hidup semua penghuni di rumah

      Delete
  16. Biasanya kalo belum korsleting, belum ngecek listrik yaa. Padahal ternyata harus rutin dicek kesehatan listrik di rumah. Dan urusan listrik memang sekadar tugas bapak-bapak, ibu juga perlu aware yaa

    ReplyDelete
  17. Ternyata pengecekan listrik harus dilakukan maksimal tiga bulan sekali ya. Pakai produk-produk kelistrikan yang berkualitas, terpercaya, sudah bersertifikasi IEC, SNI serta lolos proses pengendalian mutu adalah terbaik seperti dari Schneider Electric ini. Sakelar AvatarOn nya juga bikin desain rumah makin kece.

    ReplyDelete
  18. Surge Protective Device (SPD) ini yang belum banyak ada di rumah-rumah hunian. Di kantor saya pun kayaknya belum pernah lihat terpasang ini deh, masih pakai penangkal petir yang bentuknya kayak antena tinggi menjulang di atas gedung

    ReplyDelete
  19. Sesi talk show yang sangat kaya akan ilmu dan informasi. Semakin menyadarkan betapa pentingnya memperhatikan kelistrikan di rumah demi mewujudkan rumah aman, nyaman dan kehadiran produk Schneider sangat membantu banget nih.

    Produk berkualitas serta memperhatikan estetika. Mesti pake buat di rumah nih.

    ReplyDelete
  20. Saya di kampung mana tahu itu Schneider kalau saja tidak abca di artikelnya ini.
    Terimakasih informasi dan tipsnya nih
    Yah siapa tahu kedepannya di kampung saya juga bisa menjadi nyata memiliki rumah impian seperti teman² ya...

    ReplyDelete
  21. tentu tipsnya membuat kita sebagai seorang istri dan ibu jadi lebih paham ya mba, ih gemes sama avataron

    ReplyDelete
  22. Ternyata semudah itu. Mau juga aku ganti semua sakelar dan stop kontak di rumahku dengan sakelar AvatarOn yang dirancang mudah dalam pemasangannya dna unik karena covernya bisa dicustom sesuai keinginan kita

    ReplyDelete
  23. Home sweet home dipengaruhi juga tentang keamanan listrik rumah. Apalagi gaya hidup sekarang kan banyak menggunakan peralatan elektronik.

    Sakelar AvatarOn Schneider cakep deh. Selain bisa custom, warna kayu dan gold ini jadi makin menambah kesan mewah!

    ReplyDelete
  24. di rumahku kayaknya cuma ada MCB nih kalau yang 2 lainnya itu belum ada. memang penting banget ya mengecek kelistrikan di rumah agar rumah selalu aman dari bahaya korsleting

    ReplyDelete
  25. Suka banget dress code KEB yaa di acara ini, baru tahu ternyata kasus kebakaran dan kesetrum di rumah itu cukup banyak ya akibat penggunaan alat listrik yang kurang berkualitas

    ReplyDelete
  26. Ngeri juga ya di tahun 2023 kasus kebakaran 50% nya dari perumahan, dan 30% itu dari listrik. Kita para emak, wajib banget nih tahu betul tentang listrik yang aman. Apalagi kita sehari-hari berkutat dg liatrik di rumah. Dari peralatan dapur hingga ngecas HP, kita makai listrik.

    ReplyDelete
  27. Ternyata ngaruh banget yaaa kualitas instalasi kelistrikan di rumah terhadap keamanannya. Kudu pilih yang kayak Schneider ini, dirancang dengan teliti untuk membantu kita menjaga keamanan tempat tinggal dari segi kelistrikan.

    ReplyDelete
  28. Biasanya kalau ngliat rumah, masalah kelistrikan ini nomer sekian.
    Tapi sejak baca tulisan ka Ade mengenai "Rumah Nyaman Listrik Aman" bersama Schneider Electric Indonesia, jadi memberikan perhatian khusus untuk produk listrik terpercaya yang bisa memberikan keamanan selain untuk estetika juga.

    ReplyDelete
  29. Selain aman, nyaman, rumah juga jadi estetik karena sakelar avatar onnya ya. Seneng banget nyoba nyobain sakelarnya ini. Ganti gantinya gampang banget, ahaha.

    ReplyDelete

Aduuuh ma kasih yaaa komentarnya. Tapi mohon maaf, buat yang profilnya "unknown" langsung saya hapus. Semoga silaturahmi kita selalu terjaga walau lewat dumay. Selamat membaca tulisan yang lainnya ^_^